Sabtu, 17 Desember 2011

Keris part II


WARANGKA
Bagian atau perincian dari warangka ladrang adalah sebagai berikut :

·         Ukiran
·         Godongan
·         Pijetan
·         Tampingan
·         Awak-awak
·         Bapangan
·         Lenglengan
·         Gigir
·         Gandar dan  yang
·         Merupakan gambaran yang dinamakan bandar

Bagian atau perincian dari warangka gayaman ialah :

·         Ukiran
·         Lenglengan
·         Janggut
·         Pipi
·         Tampingan
·         Awak-awak
·         Gigir
·         Lumahan
·         Gandar
·         Bandar



*JANGAN SEMBARANGAN MENGELUARKAN DAN MEMASUKKAN KERIS DARI WARANGKA
            Peganglah gandar di tangan kiri, arahkan mulut warangka kea rah kanan, dan arahnya depan dada jarak selurus tangan. Tangan kanan yang memegang ukiran mulai merenggangkan ibu jari untuk ditekankan di tampingan. Tariklah pelan-pelan keris kea rah kanan dengan jarang srentang tangan, jalankan tangan yang memegang keris ke belakang sampai sejajar dengan telinga. Diamkan sebentar dan barulah keris tersebut dapat dilihat atau diletakkan di tempat yang sudah tersedia. Adapun warangka yang dipegang oleh tangan kiri boleh diturunkan tetapi lubang warangka supaya selalu ke arah depan.
            Jika keris akan dimasukkan lagi, cara memasukkannya pelan-pelan agar masuknya keris ke dalam warangka tidak mendesak hawa beracun yang masih tertinggal dalam lubang.
KEPERCAYAAN TERHADAP KERIS PUSAKA
            Keris adalah barang yang bisa menghidupkan rasa perasaan manusia, mampu memancarkan rasa indah dan membelah perbedaan mana karya yang baik dan tidak. *Keris merupakan suatu sarana dari para manusia ahli untuk menunjukkan bahwa Yang Maha Luhur mampu dan selalu menuruti untuk menciptakan apa saja yang dihimbau oleh manusia, asalkan permohonan itu tidak menyimpang dari garis kesucian.

KERIS DAN WARANGKA ADALAH CIPTAAN SENI YANG MEMENUHI STANDARD
Gambaran enam seni ciptaan nenek moyang kita yang berfalsafah tinggi, yang sejajar derajadnya yaitu :

·         Seni Kacurigan
·         Seni Kawarangkan
·         Seni Karawitan
·         Seni Tari
·         Seni Wayang Kulit
·         Seni Busana

Karya pembuatan keris banyak yang dimasukkan dalm catatan-catatan dan untung catatan tersebut bisa turun-temurun dilimpahkan kepada anak cucu sehingga karya mPu dan nama-nama dari para mPu sendiri langgeng menjadi warisan yang tercatat.
Selain ladrang, di Surakarta juga ada warangka gayaman, yang dikenakan pada saat orang sedang melakukan suatu tugas. Misalnya, sedang menjadi panitia pernikahan, sedang menabuh gamelan, atau sedang mendalang. Prajurit keraton yang sedang bertugas selalu mengenakan keris dengan warangka gayaman.
Warangka gayaman Surakarta juga ada beberapa jenis, di antaranya: Gayaman Gandon, Gayaman Pelokan, Gayaman Ladrang, Gayaman Bancigan, Gayaman Wayang.


*CATATAN TENTANG NAMA ASAL-USUL DAN KARYA PARA MPU
Beberapa mPu yang sudah banyak kita ketahui, diantaranya :

·         mPu Ramahadi atau mPu Ramadi
·         mPu Sakahadi atau mPu Iskadi
·         mPu Sukmahadi
·         mPu Bramakedali
·         mPu Saptagati
·         mPu Pujagati
·         mPu Sanggagati
·         mPu Dewayasa
·         mPu Dewayasa II
·         mPu Sarpadewa
·         mPu Ramayadi
·         mPu Gadawisesa
·         mPu Windudibya
·         mPu Kandangdewa
·         mPu Windusarpa
·         mPu Wareng

·         mPu Gandawijaya


NAMA SERTA ASAL-USUL PUSAKA MADYA KUNA
Yang digolongkan keris Madya Kuna adalah Pusaka yang dibabar pada masa pajajaran makukuhan sampai dengan kerajaan Cirebon. Asal-usul dan nama-nama keris dalam babak Madya Kuna:
1.      Mpu KANAKA
Hidup pada zaman negeri  Pajajaran mangkukuhan, dalam catatan beliau membuat keris 2 buah yang bernama Kyai KALUT dan Kyai BANG WETAN.
2.      Mpu WELANG
Menggantikan mPu Kanaka yang masyur. Karyanya 1 yaitu Kyai KUKUHAN, keris tersebut bisa berubah menjadi macan loreng.
3.      Mpu CINDEAMOH
Mpu ini berasal dari cerebon menjadi mpu dipajajaran karena tertarik oleh kemajuan negeri dalam bidang seni apapun.
4.      Mpu DEWAYANI
Tergolong mpu pajajaran tetapi,dikala itu negeri baru terancam bahaya dengan adanya perang saudara bersama-sama ingin menguasai pajajaran walaupun mpu ini sudah banyak mencoba membuat keris namun belum ada yang menjadi keris pusaka tayuhan,baru saja sedang membabar keris yang baik. Mpu ini sendiri menjadi korban dan meninggal dunia di peperangan.

PARA MPU DIZAMAN NEGERI PAJAJARAN SIGALUH
1.   Mpu ANJANI
Karya yang dihasilkan : Kyai BLARAKIJO Dan Kyai BlANAK.
2.  Mpu Mojo dan Mpu OMAYI
Adalah suami istri yang hidup pada zaman sigaluh. Mereka juga banyak membuat keris  pusaka tetapi sayang keris tersebut tidak bisa diketaui nama dan keberadaannya.
PARA MPU DARI CIREBON
1.      Mpu BANYUAJI
Beliau bertempat tinggal ditepi hutan dan hanya berteman dengan hewan-hewan yang ada dihutan. Dengan bantuan para lelembut beliau bisa menyelesaikan keris pusaka yang bernama Kyai SETANKOBER.
2.      Mpu DAMARJATI
Bertempat tinggal tidak jauh dengan mpu Banyuaji, tetapi keduanya saling bertentangan pendapat. Mpu Damaraji anti sekali dengan jin-jin lelembut,tanpa bantuan makhluk halus beliau dapat menyelesaikan keris pusakanya yang diberinama: Kyai SABUKLONTHANG dan Kyai LAMAKGODONG.

ASAL-USUL  DARI  PUSAKA YANG TERGOLONG TANGGUH SEPUH
Yang termasuk pusaka yang tangguh sepuh yaitu pusaka yang dibabar oleh mpu pada zamanJANGGALAN,KEDIRI,   MAJAPAHIT,TUBAN,BLAMBANGAN,Dan MADURA.Mpu yang bserta karya yang dihasilkan pada zaman Janggalan  dan Kediri adalah :
·        Mpu SUTAPASANA
Beliau sangat terkenal dalam pembuatan senjata-senjata peperangan pada masa janggalan pada masa raja sri SAMARATASAHA (1040). Oleh sang Prabu mpu dititahkan membabar keris yang ampuh dan diberi nama Kyai TAPADRIYA.
·        Mpu DEMANG
Mengapdi kepada Sri Maharaja KAMESYWARAT di Kediri(1110),sang mpu membabar keris yang dinamai Kyai GLIYENG.
·        Mpu DOMAS
Mpu pertama pada zaman Mjapahit yang mendapat sanjungan para prajurit dikala itu.Karena berhasil mengusir musuh dari istana Kediri sebab memegang pusaka keris babarannya yang dinamai Kyai GAJAH.
·        Mpu SURADIBYA
Mpu kesayangan jayanagara raja majapahit (1309-1328), sayang belum diketemukan nama dan wujud keris pusaka yang berhasil dibabar.
·        Mpu PUJADEWA
Berasal dari Majapahit sezaman dengan mpu Suradibya menghasilkan karya yang dinamai : Kyai GAGAKNGORE dan Kyai GANDAWISA.
·        Mpu PUJASEKTI
Pusaka yang dibabar bernama Kyai KEBLABAK,terdapat cerita didalamya kehendak mpu sudah tetap bahwa pusaka setelah jadi akan diserahkan kepada sang prabu jayanegara,tetapi entah karena apa,akhirnya jatuh ketangan pejabat agung dari tuban, karna ingkarnya niat tersebut maka pejabat yang menerima pusaka tersebut akhirnya mati dalam peperangan tanding.
·        Mpu SUPADRIYA
Adalah mpu Majapahit (1350) beliau membabar pusaka keris yang bernama Kyai GANJAWASA.
·        Mpu SAPANGRANI
Keris yang dibabar Kyai TOHJIWA dan Kyai WUNGKUL.
·        Mpu SAPAHADI
Membabar keris yaitu Kyai BLAWONG dan Kyai BUNTU.

MPU DARI MADURA
1.      Mpu SRILOKA
Mendapatkan murid yang kebanyakan pandai dan cepat mererima wejangan membuat pusaka,tetapi sang murid musah marah/berhati panas,banyak pusaka yang dilebur dan diulang pembuatannya.
2.      Mpu KALOKA
Beliau sangat berhati-hati sekali dalam pembakaran pusaka sampai pusaka berbulan-bulan,bahkan ada yang 1 tahun pembuatannya.
3.      MPU PANITI
Beliau bisa membuat cengangnya rakyat Madura dikala negeri tersebut tidak ada hujan,seranya mengacungkan pusakanya dan berdoa kepada sang maha agung maka seketika hujan turun tetapi keris pusaka tersebut tak ditemukan identitasnya.

PUSAKA-PUSAKA KERIS YANG TERGOLONG GATRA TUWA
Pusaka keris yang mendapat sesebutan tangguh gatra tuwa,pusaka yang dibabar mulai zaman Pajang-Mataram dimulai tahun 1568-1613.
·         Mpu HUMYANG
Mpu Negeri Pajang,menghasilkan karya yang bernama Kyai OMBAKBANYU.
·         Mpub LOO BANG
mpu Negeri Pajang karyanya Kyai BANGONOLEH.

·         Mpu CANTHOKA
Dari Pajang,Karyanya juga sebuah keris Kyai KLUWANGMAS.

PARA MPU DI ZAMAN MATARAM
·         Mpu TUNGGULMAYA. Karyanya yaitu Kyai JABAR.
·         Mpu MANISJIWA. Hingga sekarang belum diketahui identitas karya yang dihasilkan.
·         Mpu LOO NING. Beliau dipajang membabar keris pusaka yang dinamai Kyai LAKSA.
·         Mpu TEPASANA. Mpu termansyur dimataram,beliau membabar 3 keris yaitu : Kyai PANDENGAN,Kyai PANURUN, Kyai BARDAS.
·         Mpu SENDANG. Karyanya ialah Kyai BABARLAYAR.
·         Mpu SENTRABANYU. Membabar 2 pusaka yang bernama Kyai RAGAULAH dan Kyai SEMARMESEM.

PARA EMPU YANG MEMBABAR PUSAKA-PUSAKA TANGGUH MATARAM
·         Mpu LUWUNG
Dari Negeri Kartasura, membabar 2 keris yaitu Kyai WADASPOLAH dan Kyai JAMURDIPA.
·         Mpu LUYUP
Adalah putra dari mpu layup pertama beliau membabar sebuah pusaka yaitu Kyai BAWUK.
·         Mpu KASUB
Membabar 2 pusaka yaitu Kyai PADANG dan Kyai BRAJAKESA

PARA MPU DIZAMAN SURAKARTA

·         mPu Brajakarya
·         mPu Brajaguna
·         mPu Tirtadangsa
·         mPu Sutawangsa
·         mPu Japan I
·         mPu Japan II
·         mPu Jayasukatga
·         mPu Mantrawijaya
·         mPu Karyasukatga I
·         mPu Wirasukatga
·         mPu KaryaSukatga II
·         mPu KaryaSukatga III
·         mPu Japan III
·         mPu Prajadahana


Tidak ada komentar:

Posting Komentar